Miris, Ratusan Warga Tolak Jenasah PDP-Covid 19 Dimakamkan di TPU Desa Salit Karo

anitamanua, 26 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KARO -  Ratusan warga Desa Salit, Kecamatan Tigapanah, Karo, Selasa (26/05/2020) menolak pemakaman jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Salit.

Menurut warga, penolakan itu bukan tanpa alasan. Warga menuding Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo tidak mensosialisasikannya terlebih dahulu.

"Pemkab gak sosialisasi dulu kepada warga, kalau pasien akan dikubur disini. Ini TPU bukan untuk jenazah terkait Covid-19," ujar salah seorang warga, Mawardi Tarigan (33).

Ia menambahkan, penolakan warga bukan tanpa alasan. "Ini kuburan umum bukan untuk yang terkena Covid-19. Pemkab gak pernah sosialisasi bila TPU ini juga akan dijadikan tempat penguburan jenasah pasien dalam pengawasan Covid-19," ketusnya.

Pantauan wartawan termasuk kru Indonesiasatu.co.id di lokasi TPU sekira pukul 15:00 Wib. Perdebatan sengit antara pihak Pemkab dengan warga terus berlangsung. Warga tetap bersikeras menolak agar jenazah tidak dimakamkan di TPU Desa Salit yang tak jauh dari pemukiman warga.

"Pemerintah desapun tidak ada sosialisasi. Pun begitu, seandainya disosialisasikan juga. Kami tetap menolak, karena kuburan terlalu dekat dengan kampung," sambung Mawardi lagi.

Adanya penolakan warga, membuat Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Martin Sitepu, Kasatpol PP Hendrik Tarigan turut turun ke lokasi dan bermediasi dengan warga.

Hingga berita ini diturunkan kemeja redaksi sekira pukul 17:30 Wib, keluarga pasien dalam pengawasan (PDP)-Covid 19 masih menunggu pemakaman jenasah. (Anita)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu